Sunday, September 7, 2008

ART AND CRAFT MOVEMENT
Tokohnya : John Ruskin dan William Morris.
Berdiri tahun: 1888 di Inggris

Adalah sebuah gerakan yang berusaha menghidupkan kembali keterampilan tangan manusia dalam seni dan kriya(craft) sebagai upaya menolak kehadiran industri yang menggunakan tenaga mesin.

ART NOUVEAU
Tokohnya: Charles Rennie Mackintosh (Inggris), Henry Van de Velde (Austria), Antonio Gaudi (Arsitek Spanyol).
Berdiri tahun: 1819 di Eropa dan Amerika

Art Nouveau merupakan sebuah aliran seni yang memiliki gaya dekoratif tumbuhan (flora) yang meliuk-liuk. Aliran ini sebagai sebuah reaksi terhadap industrialisasi dan gaya mesin yang dianggap menghilangkan sifat manusiawi dalam seni dan pembuatan barang-barang kebutuhan manusia. Ulir flora yang dibuat cenderung tampil ‘berlebihan’ untuk menekankan keterampilan yang sifatnya sangat emosional. Nama lain Art Nouveau adalah Jugendstil (Jerman), Vinna Secession (Austria), Stile Liberty (Italia), Modernista (Spanyol), Glassgow School ( Inggris).


berikut ini adalah beberapa karya beraliran art nouveau



























FUTURISME
Tokohnya: Filippo Marinetti, Giacomo Balla, Ardengo Soffici, Stephane Mallarme.
Berdiri tahun: 1909 di Italia.

Futurisme adalah aliran seni yang mendukung perkembangan tipografi sebagai unsure ekspresi dalam desain. Huruf tidak hanya diperlakukan sebagai tanda bunyi tetapi juga sebagai lambing rupa untuk menyampaikan suatu makna. Banyak penyair-penyair Futurisme yang memanfaatkan tipografi sebagai bagian dari ungkapan perasaannya dalam berpuisi.




berikut adalah contohnya

























KONSTRUKTIVISME
Tokohnya: El Lissitzky
Berdiri tahun: 1914 di Russia

Konstruktivisme merupakan pengaruh Kubisme, estetika menurut seniman Konstruktivisme berkaitan dengan bentuk atau bidang geometris kinetic, sebagai sebuah cerminan jaman moderen yang dikuasai oleh mesin. Menurut El Lissitzky, bidang persegi empat adalah sumber dari segala ekspresi kreatif.. El Lissitzky juga banyak bereksperimen dengan fotogram.

DE STIJL
Tokohnya: Piet Mondrian, Gerrit Rietveld (Red and Blue Chair)
Berdiri tahun: 1917 di Belanda.

De Stijl adalah aliran seni yang tidak representasional, tidak ilustratif ataupun naratif, menggunakan bentuk-bentuk geometris dengan susunan konstruksi yang sangat teknis. Awalnya Piet Mondrian terinspirasi oleh gaya Kubisme Picasso lalu dia mengembangaknnya hingga tersisa garis vertical dan horizontal yang disebut Neo-Plastisisme.



berikut yang terpengaruh oleh de stijl





















BAUHAUS
Tokohnya: Walter Groupius
Berdiri tahun: 1919 di Jerman.

Bauhaus seringkali disebut juga dengan modern syle, yang nantinya dikenal dengan sebutan “International Style” . Bauhaus memiliki misi mengajarkan pendidikan arsitektur, seni, desain dan kriya sebagai sebuah kesatuan bersama teknologi. Di jaman Bauhaus ini muncul istilah “Less Is More” yang dicetuskan oleh Van der Rohe, salah satu arsitek terkemuka pada jaman Bauhaus.



























ART DECO
Tokohnya: AM Cassandre, Jean Carlu.
Berdiri tahun: 1920-an di Perancis.

Kehebatan mesin dan dunia transportasi seperti pesawat terbang dan kapal laut menjadi inspirasi dan pendukung berkembangnya gaya ini. Art Deco merupakan perpaduan antara bentuk baru yang disederhanakan dengan kecenderungan dekoratif lama. Pada zaman ini juga muncul istilah “Forms Follow Function” . Art Deco juga mengenalkan gaya Streamline yaitu desain badan yang memiliki garis dan bentuk ramping dan lurus dengan ujung meruncing atau membulat sehingga dapat mengikuti alur atau arus air dan udara.



berikut ini adalah contoh karya yang dipengaruhi art deco:






















1 comment:

arief_adityawan said...

contoh contoh futurisme, konstruktivisme,dan pengaruh destijl kok tidak tepat ya...
hati hati membaca blog ini